Pages

Selasa, 15 April 2014

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI JASA SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI SEJAHTERA ABADI

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi dan komputerisasi sudah
semakin maju dan terus berkembang dengan cepat, sehingga membuat segala sesuatunya
menjadi serba otomatis dan cepat. Penyediaan informasi yang lengkap dan akses yang
mudah sangat penting untuk mendukung suatu kemajuan perusahaan atau organisasi.
Cristian, L., Winarto., Sonny., Fernando, Edith. (ComTech, 2010, p194), Sistem
Informasi secara garis besar sebagai integrasi suatu cara terorganisir mengumpulkan
memasukkan, dan memroses data, mengendalikan, dan menghasilkan informasi dengan
berbasis proses manual atau computer untuk mencapai sasaran dan tujuan organisasi.
Teknologi informasi dan komputerisasi juga memberikan kemudahan dalam
mengumpulkan dan menyimpan informasi dalam jumlah besar, dengan tempat
penyimpanan yang seminimal mungkin sehingga lebih memudahkan dalam proses
pengelolaan informasi.
Indrawati, R. S., Hizkia, Johny (Jurnal Informatika, 2012, p60) Sistem
Komputerisasi (system berbasis komputer) dapat didefinisikan sebagai serangkaian atau
tatanan-tatanan elemen yang di atur untuk mengolah data dengan menggunakan
computer yang telah terprogram sehingga dapat menghasilkan informasi yang
dibutuhkan. Kutipan jurnal tersebut menyimpulkan bahwa dengan pemanfaatan dan
penerapan teknologi informasi yang diintegrasikan dengan sumber informasi dan
aktivitas pengguna yang terlibat dapat menghasilkan sistem informasi kepada pengguna
dalam dunia bisnis. Dengan berkembangnya sistem informasi banyak perusahaan
dagang maupun jasa yang mengubah sistem pencatatan yang masih sederhana menjadi
sistem pencatatan yang terkomputerisasi.
Peranan sistem informasi di dalam perusahaan sangatlah besar, hal ini dapat
dilihat dari berbagai prosedur kerja perusahaan yang bertujuan untuk mengarahkan
berbagai data agar dapat diolah menjadi suatu informasi yang berguna bagi para
pemakainya. Tanpa adanya prosedur kerja tersebut akan terjadi kekacauan informasi
dalam perusahaan, yang mana berdampak sangat besar dalam kegiatan operasional
keseharian perusahaan baik dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang
perusahaan. Dengan bantuan teknologi informasi, sistem informasi dalam perusahaan
dapat dikelola secara lebih terstruktur sesuai prosedur kerja dan kebijakan yang telah
ditetapkan, sehingga mampu mendukung aliran informasi horizontal dan vertikal, mulai
dari tingkat operasional sampai kepada tingkat strategis yang dapat diandalkan.
Usaha Koperasi Simpan Pinjam Jasa selalu berkembang sejalan dengan
perkembangan usaha anggotanya. Hal ini tidak lepas dari sistem penerimaan anggota
yang cukup selektif, dengan harapan menghasilkan anggota yang berpartisipasi aktif
dalam menunjang segala usaha Koperasi Simpan Pinjam Jasa. Selektifitas penerimaan
anggota juga dilakukan dengan pertimbangan agar kemampuan Koperasi Simpan Pinjam
Jasa baik dalam permodalan, sarana dan sumber daya manusianya dapat seimbang
dengan perkembangan jumlah anggota sehingga pelayanan kepada anggota dapat
maksimal. Sistem yang diterapkan dalam koperasi juga memiliki pengaruh terhadap
perkembangan koperasi, sistem yang berjalan dengan baik dapat memudahkan dalam
mencapai tujuan koperasi sesuai dengan undang - undang yang berlaku. Dengan jasa koperasi, yang merupakan kegiatan simpan pinjam dimana layanan jasa dalam
peminjaman uang dan menyimpan uang sangat penting.
KOPERASI SEJAHTERA ABADI adalah lembaga keuangan swasta yang
bergerak di bidang jasa simpan pinjam, dalam kegiatannya koperasi sejahtera abadi
sehari-hari tidak terlepas dari transaksi simpan pinjam nasabah, untuk menunjang
transaksi-transaksi yang berjalan maka dibutuhkan sistem terkomputerisasi yang baik
demi kelancaran kinerja koperasi sejahtera abadi. Keberhasilan-keberhasilan itu
tentunya tidak terlepas dari sistem informasi yang bersifat relevan, akurat, lengkap dan
tepat waktu. Selain itu semua teknologi yang diterapkan juga mempengaruhi. Semua itu
menjadi faktor pendukung untuk mencapai laba, karena tujuan koperasi umumnya
adalah mencapai laba yang maksimal, mempertahankan kelangsungan hidup dan
mengejar pertumbuhan dalam usahanya. Sistem yang diterapkan dalam Koperasi
Sejahtera Abadi masih dapat dikatakan manual karena untuk pengolahan data transaksi
penggunaannya masih bersifat manual. Dengan menggunakan sistem yang bersifat
manual maka akan muncul indikasi akan terjadinya kesalahan dalam pengolahan data
atas transaksi. Mengingat pentinganya pengimplementasian sistem informasi yang baik
dalam suatu koperasi, diperlukan pengembangan yang lebih baik dengan mengubah
sistem manual tersebut menjadi sistem yang terkomputerisasi. Oleh karena itu, judul
skripsi yang kami ajukan adalah “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
INFORMASI JASA SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI SEJAHTERA ABADI“.

1.2 Ruang Lingkup
Dalam penulisan ini, fokus dalam beberapa hal yang mana dimaksudkan agar
penulisan ini dapat dikerjakan secara lebih teratur dan terarah terhadap pokok-pokok
ruang lingkup yang akan dibahas. Pokok-pokok ruang lingkup yang akan dibahas
dalam tulisan ini adalah sebagai berikut :
a. Prosedur penerimaan anggota baru
b. Prosedur penerima karyawan baru
c. Prosedur pengajuan pinjaman
d. Prosedur pengecekan jaminan
e. Prosedur penyetujuan pinjaman
f. Prosedur penyerahan uang pinjaman
g. Prosedur pengangsuran pinjaman
h. Prosedur pelunasan pinjaman
i. Prosedur pembuatan laporan :
1. Membuat laporan pendaftaran anggota
2. Membuat laporan nasabah
3. Membuat laporan jaminan
4. Membuat laporan pengeluaran kas pinjaman
5. Membuat laporan pembayaran angsuran
6. Membuat laporan pelunasan jaminan
7. Membuat laporan penagihan angsuran
8. Membuat laporan penjualan jaminan
9. Membuat jurnal umum simpan pinjam

1.3 Tujuan dan Manfaat

1.3.1 Tujuan
Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1 Menganalisa dan mempelajari sistem informasi yang berjalan pada
Koperasi Sejahtera Abadi.
2 Mengidentifikasi masalah-masalah yang terjadi pada Koperasi Sejahtera
Abadi
3 Merancang sistem informasi layanan jasa simpan pinjam pada Koperasi
Sejahtera Abadi yang terkomputerisasi.
4 Untuk menerapkan sistem informasi yang baik guna mengembangkan
Koperasi Sejahtera Abadi.

1.3.2 Manfaat
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Mengurangi resiko atau human eror dalam proses simpan pinjam.
2. Mendukung peningkatan mutu serta kualitas pelayanan dan performa
pada Koperasi Sejahtera Abadi.
3. Meningkatkan keunggulan kompetitif Koperasi Sejahtera Abadi dengan
cara menerapkan sistem informasi yang efektif untuk menghadapi
persaingan antar koperasi.
4. Menghasilkan informasi dan laporan yang akurat dan mudah dipaham

1.4 Metodologi Penelitian
Dalam penulisan sistem informasi layanan jasa pada sesuai dengan penulisan
karya ilmiah maka akan dilakukan beberapa hal untuk memastikan bahwa penulisan
ini akan memenuhi standar yang ditetapkan oleh pihak universitas.
Metode yang akan kami pakai adalah sebagai berikut :
1. Studi Kepustakaan
Studi Kepustakaan adalah penelitian yang dilakukan dengan cara membaca,
mempelajari dan mengumpulkan teori-teori umum maupun khusus yang
berkaitan dengan topik jasa koperasi yang diambil. Adapun objek penelitian
berupa buku-buku, bacaan, dan artikel baik dari media masa ataupun internet
yang berkaitan dengan topik yang akan digunakan sebagai landasan teori.
2. Studi Lapangan
Penelitian lapangan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a. Observasi
Mengumpulkan data dengan cara mengamati secara langsung keadaan
koperasi dengan segala kegiatan operasional yang berhubungan dengan
penelitian.
b. Wawancara
Mengadakan tanya jawab secara langsung pada pihak-pihak yang terkait
untuk memperoleh gambaran secara umum tentang koperasi dan masalah-masalah yang berkait sistem yang berjalan melalui sumber daya
manusia pada koperasi.

3. Metodologi Analisis
a. Survei pada sistem yang berjalan
Pada tahap ini dilakukan pengamatan secara langsung ke koperasi untuk
mengetahui proses sistem yang sedang berjalan sebagai dasar dalam
menganalisis permasalahan pada sistem tersebut.
b. Analisis terhadap temuan survei
Setelah diperoleh data dan informasi yang diperlukan maka diadakan
analisis terhadap data dan informasi tersebut.
c. Identifikasi kebutuhan informasi
Mengidentifikasikan kebutuhan informasi yang masih kurang memadai
pada sistem berjalan yang berasal dari dokumen input, proses sampai
output serta menentukan informasi yang dibutuhkan pada sistem yang
baru.

4. Metode Perancangan
Dalam skripsi ini metode perancangan yang kami gunakan adalah sebagi
berikut :
a. Pembuatan Narasi
b. Identifikasi Event Table
c. Pembuatan Overview Activity Diagram
d. Pembuatan Workflow Table
e. Pembuatan Detail Activity Diagram
f. Pembuatan UML Class Diagram
g. Pembuatan Use Case Diagram
h. Pembuatan Rancangan Database
i. Pembuatan Rancangan Laporan
j. Pembuatan Rancangan Formulir
k. Pembuatan Rancangan Layar
l. Pembuatan Rancangan Navigation Diagram
m. Pembuatan Rancangan Matriks Penerapan Sistem

1.5 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan skripsi merupakan gambaran umum mengenai isi dari
keseluruhan pembahasan, yang bertujuan memudahkan pembaca dalam mengikuti alur
pembahasan yang terdapat penulisan skripsi ini :

BAB 1 : PENDAHULUAN

Bab ini akan menjelaskan mengenai latar belakang masalah yang dibahas
dalam skripsi ini, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metode penelitian,
dan sistematika penulisan skripsi.

BAB 2 : LANDASAN TEORI

Dalam bab ini berisi teori-teori dasar yang menjadi landasan penulisan
skripsi, yaitu mengenai tahapan-tahapan dalam perancangan basis data
yang diperoleh dari buku literatur, karya ilmiah orang lain, dan data dari
internet.

BAB 3 : ANALISIS SISTEM BERJALAN

Pada bab ini berisi tentang sejarah perusahaan, struktur organisasi,
analisa sistem yang sedang berjalan, diagram aliran data dan
permasalahan yang sedang dihadapi oleh perusahaan serta solusi
rancangan sistem yang diusulkan.

BAB 4 : RANCANGAN SISTEM YANG DI USULKAN

Pada bab ini akan digambarkan rancangan sistem baru yang berisi tentang
narasi sistem yang diusulkan, event table, workflow table, overview
activity diagram, detailed activity diagram, UML class diagram, usecase
diagram, rancangan database, rancangan formulir, rancangan laporan,
rancangan layar, navigation diagram rencana penerapan sistem yang
diharapkan mampu untuk meminimalisasi semua kelemahan dan
kekurangan dalam sistem yang lama sesuai dengan hasil analisa terhadap
sistem yang berjalan sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

BAB 5 : KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini akan berisikan kesimpulan secara keseluruhan terhadap
hasil analisa sistem yang berjalan pada perusahaan dan beberapa saran perbaikan agar manajemen mampu mengatasi semua kelemahan yang ditemukan pada hasil analisa.BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi dan komputerisasi sudah
semakin maju dan terus berkembang dengan cepat, sehingga membuat segala sesuatunya
menjadi serba otomatis dan cepat. Penyediaan informasi yang lengkap dan akses yang
mudah sangat penting untuk mendukung suatu kemajuan perusahaan atau organisasi.
Cristian, L., Winarto., Sonny., Fernando, Edith. (ComTech, 2010, p194), Sistem
Informasi secara garis besar sebagai integrasi suatu cara terorganisir mengumpulkan
memasukkan, dan memroses data, mengendalikan, dan menghasilkan informasi dengan
berbasis proses manual atau computer untuk mencapai sasaran dan tujuan organisasi.
Teknologi informasi dan komputerisasi juga memberikan kemudahan dalam
mengumpulkan dan menyimpan informasi dalam jumlah besar, dengan tempat
penyimpanan yang seminimal mungkin sehingga lebih memudahkan dalam proses
pengelolaan informasi.
Indrawati, R. S., Hizkia, Johny (Jurnal Informatika, 2012, p60) Sistem
Komputerisasi (system berbasis komputer) dapat didefinisikan sebagai serangkaian atau
tatanan-tatanan elemen yang di atur untuk mengolah data dengan menggunakan
computer yang telah terprogram sehingga dapat menghasilkan informasi yang
dibutuhkan. Kutipan jurnal tersebut menyimpulkan bahwa dengan pemanfaatan dan
penerapan teknologi informasi yang diintegrasikan dengan sumber informasi dan
aktivitas pengguna yang terlibat dapat menghasilkan sistem informasi kepada pengguna
dalam dunia bisnis. Dengan berkembangnya sistem informasi banyak perusahaan
dagang maupun jasa yang mengubah sistem pencatatan yang masih sederhana menjadi
sistem pencatatan yang terkomputerisasi.
Peranan sistem informasi di dalam perusahaan sangatlah besar, hal ini dapat
dilihat dari berbagai prosedur kerja perusahaan yang bertujuan untuk mengarahkan
berbagai data agar dapat diolah menjadi suatu informasi yang berguna bagi para
pemakainya. Tanpa adanya prosedur kerja tersebut akan terjadi kekacauan informasi
dalam perusahaan, yang mana berdampak sangat besar dalam kegiatan operasional
keseharian perusahaan baik dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang
perusahaan. Dengan bantuan teknologi informasi, sistem informasi dalam perusahaan
dapat dikelola secara lebih terstruktur sesuai prosedur kerja dan kebijakan yang telah
ditetapkan, sehingga mampu mendukung aliran informasi horizontal dan vertikal, mulai
dari tingkat operasional sampai kepada tingkat strategis yang dapat diandalkan.
Usaha Koperasi Simpan Pinjam Jasa selalu berkembang sejalan dengan
perkembangan usaha anggotanya. Hal ini tidak lepas dari sistem penerimaan anggota
yang cukup selektif, dengan harapan menghasilkan anggota yang berpartisipasi aktif
dalam menunjang segala usaha Koperasi Simpan Pinjam Jasa. Selektifitas penerimaan
anggota juga dilakukan dengan pertimbangan agar kemampuan Koperasi Simpan Pinjam
Jasa baik dalam permodalan, sarana dan sumber daya manusianya dapat seimbang
dengan perkembangan jumlah anggota sehingga pelayanan kepada anggota dapat
maksimal. Sistem yang diterapkan dalam koperasi juga memiliki pengaruh terhadap
perkembangan koperasi, sistem yang berjalan dengan baik dapat memudahkan dalam
mencapai tujuan koperasi sesuai dengan undang - undang yang berlaku. Dengan jasa koperasi, yang merupakan kegiatan simpan pinjam dimana layanan jasa dalam
peminjaman uang dan menyimpan uang sangat penting.
KOPERASI SEJAHTERA ABADI adalah lembaga keuangan swasta yang
bergerak di bidang jasa simpan pinjam, dalam kegiatannya koperasi sejahtera abadi
sehari-hari tidak terlepas dari transaksi simpan pinjam nasabah, untuk menunjang
transaksi-transaksi yang berjalan maka dibutuhkan sistem terkomputerisasi yang baik
demi kelancaran kinerja koperasi sejahtera abadi. Keberhasilan-keberhasilan itu
tentunya tidak terlepas dari sistem informasi yang bersifat relevan, akurat, lengkap dan
tepat waktu. Selain itu semua teknologi yang diterapkan juga mempengaruhi. Semua itu
menjadi faktor pendukung untuk mencapai laba, karena tujuan koperasi umumnya
adalah mencapai laba yang maksimal, mempertahankan kelangsungan hidup dan
mengejar pertumbuhan dalam usahanya. Sistem yang diterapkan dalam Koperasi
Sejahtera Abadi masih dapat dikatakan manual karena untuk pengolahan data transaksi
penggunaannya masih bersifat manual. Dengan menggunakan sistem yang bersifat
manual maka akan muncul indikasi akan terjadinya kesalahan dalam pengolahan data
atas transaksi. Mengingat pentinganya pengimplementasian sistem informasi yang baik
dalam suatu koperasi, diperlukan pengembangan yang lebih baik dengan mengubah
sistem manual tersebut menjadi sistem yang terkomputerisasi. Oleh karena itu, judul
skripsi yang kami ajukan adalah “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
INFORMASI JASA SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI SEJAHTERA ABADI“.

1.2 Ruang Lingkup
Dalam penulisan ini, fokus dalam beberapa hal yang mana dimaksudkan agar
penulisan ini dapat dikerjakan secara lebih teratur dan terarah terhadap pokok-pokok
ruang lingkup yang akan dibahas. Pokok-pokok ruang lingkup yang akan dibahas
dalam tulisan ini adalah sebagai berikut :
a. Prosedur penerimaan anggota baru
b. Prosedur penerima karyawan baru
c. Prosedur pengajuan pinjaman
d. Prosedur pengecekan jaminan
e. Prosedur penyetujuan pinjaman
f. Prosedur penyerahan uang pinjaman
g. Prosedur pengangsuran pinjaman
h. Prosedur pelunasan pinjaman
i. Prosedur pembuatan laporan :
1. Membuat laporan pendaftaran anggota
2. Membuat laporan nasabah
3. Membuat laporan jaminan
4. Membuat laporan pengeluaran kas pinjaman
5. Membuat laporan pembayaran angsuran
6. Membuat laporan pelunasan jaminan
7. Membuat laporan penagihan angsuran
8. Membuat laporan penjualan jaminan
9. Membuat jurnal umum simpan pinjam

1.3 Tujuan dan Manfaat

1.3.1 Tujuan
Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1 Menganalisa dan mempelajari sistem informasi yang berjalan pada
Koperasi Sejahtera Abadi.
2 Mengidentifikasi masalah-masalah yang terjadi pada Koperasi Sejahtera
Abadi
3 Merancang sistem informasi layanan jasa simpan pinjam pada Koperasi
Sejahtera Abadi yang terkomputerisasi.
4 Untuk menerapkan sistem informasi yang baik guna mengembangkan
Koperasi Sejahtera Abadi.

1.3.2 Manfaat
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Mengurangi resiko atau human eror dalam proses simpan pinjam.
2. Mendukung peningkatan mutu serta kualitas pelayanan dan performa
pada Koperasi Sejahtera Abadi.
3. Meningkatkan keunggulan kompetitif Koperasi Sejahtera Abadi dengan
cara menerapkan sistem informasi yang efektif untuk menghadapi
persaingan antar koperasi.
4. Menghasilkan informasi dan laporan yang akurat dan mudah dipaham

1.4 Metodologi Penelitian
Dalam penulisan sistem informasi layanan jasa pada sesuai dengan penulisan
karya ilmiah maka akan dilakukan beberapa hal untuk memastikan bahwa penulisan
ini akan memenuhi standar yang ditetapkan oleh pihak universitas.
Metode yang akan kami pakai adalah sebagai berikut :
1. Studi Kepustakaan
Studi Kepustakaan adalah penelitian yang dilakukan dengan cara membaca,
mempelajari dan mengumpulkan teori-teori umum maupun khusus yang
berkaitan dengan topik jasa koperasi yang diambil. Adapun objek penelitian
berupa buku-buku, bacaan, dan artikel baik dari media masa ataupun internet
yang berkaitan dengan topik yang akan digunakan sebagai landasan teori.
2. Studi Lapangan
Penelitian lapangan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a. Observasi
Mengumpulkan data dengan cara mengamati secara langsung keadaan
koperasi dengan segala kegiatan operasional yang berhubungan dengan
penelitian.
b. Wawancara
Mengadakan tanya jawab secara langsung pada pihak-pihak yang terkait
untuk memperoleh gambaran secara umum tentang koperasi dan masalah-masalah yang berkait sistem yang berjalan melalui sumber daya
manusia pada koperasi.

3. Metodologi Analisis
a. Survei pada sistem yang berjalan
Pada tahap ini dilakukan pengamatan secara langsung ke koperasi untuk
mengetahui proses sistem yang sedang berjalan sebagai dasar dalam
menganalisis permasalahan pada sistem tersebut.
b. Analisis terhadap temuan survei
Setelah diperoleh data dan informasi yang diperlukan maka diadakan
analisis terhadap data dan informasi tersebut.
c. Identifikasi kebutuhan informasi
Mengidentifikasikan kebutuhan informasi yang masih kurang memadai
pada sistem berjalan yang berasal dari dokumen input, proses sampai
output serta menentukan informasi yang dibutuhkan pada sistem yang
baru.

4. Metode Perancangan
Dalam skripsi ini metode perancangan yang kami gunakan adalah sebagi
berikut :
a. Pembuatan Narasi
b. Identifikasi Event Table
c. Pembuatan Overview Activity Diagram
d. Pembuatan Workflow Table
e. Pembuatan Detail Activity Diagram
f. Pembuatan UML Class Diagram
g. Pembuatan Use Case Diagram
h. Pembuatan Rancangan Database
i. Pembuatan Rancangan Laporan
j. Pembuatan Rancangan Formulir
k. Pembuatan Rancangan Layar
l. Pembuatan Rancangan Navigation Diagram
m. Pembuatan Rancangan Matriks Penerapan Sistem

1.5 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan skripsi merupakan gambaran umum mengenai isi dari
keseluruhan pembahasan, yang bertujuan memudahkan pembaca dalam mengikuti alur
pembahasan yang terdapat penulisan skripsi ini :

BAB 1 : PENDAHULUAN

Bab ini akan menjelaskan mengenai latar belakang masalah yang dibahas
dalam skripsi ini, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metode penelitian,
dan sistematika penulisan skripsi.

BAB 2 : LANDASAN TEORI

Dalam bab ini berisi teori-teori dasar yang menjadi landasan penulisan
skripsi, yaitu mengenai tahapan-tahapan dalam perancangan basis data
yang diperoleh dari buku literatur, karya ilmiah orang lain, dan data dari
internet.

BAB 3 : ANALISIS SISTEM BERJALAN

Pada bab ini berisi tentang sejarah perusahaan, struktur organisasi,
analisa sistem yang sedang berjalan, diagram aliran data dan
permasalahan yang sedang dihadapi oleh perusahaan serta solusi
rancangan sistem yang diusulkan.

BAB 4 : RANCANGAN SISTEM YANG DI USULKAN

Pada bab ini akan digambarkan rancangan sistem baru yang berisi tentang
narasi sistem yang diusulkan, event table, workflow table, overview
activity diagram, detailed activity diagram, UML class diagram, usecase
diagram, rancangan database, rancangan formulir, rancangan laporan,
rancangan layar, navigation diagram rencana penerapan sistem yang
diharapkan mampu untuk meminimalisasi semua kelemahan dan
kekurangan dalam sistem yang lama sesuai dengan hasil analisa terhadap
sistem yang berjalan sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

BAB 5 : KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini akan berisikan kesimpulan secara keseluruhan terhadap
hasil analisa sistem yang berjalan pada perusahaan dan beberapa saran perbaikan agar manajemen mampu mengatasi semua kelemahan yang ditemukan pada hasil analisa.BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi dan komputerisasi sudah
semakin maju dan terus berkembang dengan cepat, sehingga membuat segala sesuatunya
menjadi serba otomatis dan cepat. Penyediaan informasi yang lengkap dan akses yang
mudah sangat penting untuk mendukung suatu kemajuan perusahaan atau organisasi.
Cristian, L., Winarto., Sonny., Fernando, Edith. (ComTech, 2010, p194), Sistem
Informasi secara garis besar sebagai integrasi suatu cara terorganisir mengumpulkan
memasukkan, dan memroses data, mengendalikan, dan menghasilkan informasi dengan
berbasis proses manual atau computer untuk mencapai sasaran dan tujuan organisasi.
Teknologi informasi dan komputerisasi juga memberikan kemudahan dalam
mengumpulkan dan menyimpan informasi dalam jumlah besar, dengan tempat
penyimpanan yang seminimal mungkin sehingga lebih memudahkan dalam proses
pengelolaan informasi.
Indrawati, R. S., Hizkia, Johny (Jurnal Informatika, 2012, p60) Sistem
Komputerisasi (system berbasis komputer) dapat didefinisikan sebagai serangkaian atau
tatanan-tatanan elemen yang di atur untuk mengolah data dengan menggunakan
computer yang telah terprogram sehingga dapat menghasilkan informasi yang
dibutuhkan. Kutipan jurnal tersebut menyimpulkan bahwa dengan pemanfaatan dan
penerapan teknologi informasi yang diintegrasikan dengan sumber informasi dan
aktivitas pengguna yang terlibat dapat menghasilkan sistem informasi kepada pengguna
dalam dunia bisnis. Dengan berkembangnya sistem informasi banyak perusahaan
dagang maupun jasa yang mengubah sistem pencatatan yang masih sederhana menjadi
sistem pencatatan yang terkomputerisasi.
Peranan sistem informasi di dalam perusahaan sangatlah besar, hal ini dapat
dilihat dari berbagai prosedur kerja perusahaan yang bertujuan untuk mengarahkan
berbagai data agar dapat diolah menjadi suatu informasi yang berguna bagi para
pemakainya. Tanpa adanya prosedur kerja tersebut akan terjadi kekacauan informasi
dalam perusahaan, yang mana berdampak sangat besar dalam kegiatan operasional
keseharian perusahaan baik dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang
perusahaan. Dengan bantuan teknologi informasi, sistem informasi dalam perusahaan
dapat dikelola secara lebih terstruktur sesuai prosedur kerja dan kebijakan yang telah
ditetapkan, sehingga mampu mendukung aliran informasi horizontal dan vertikal, mulai
dari tingkat operasional sampai kepada tingkat strategis yang dapat diandalkan.
Usaha Koperasi Simpan Pinjam Jasa selalu berkembang sejalan dengan
perkembangan usaha anggotanya. Hal ini tidak lepas dari sistem penerimaan anggota
yang cukup selektif, dengan harapan menghasilkan anggota yang berpartisipasi aktif
dalam menunjang segala usaha Koperasi Simpan Pinjam Jasa. Selektifitas penerimaan
anggota juga dilakukan dengan pertimbangan agar kemampuan Koperasi Simpan Pinjam
Jasa baik dalam permodalan, sarana dan sumber daya manusianya dapat seimbang
dengan perkembangan jumlah anggota sehingga pelayanan kepada anggota dapat
maksimal. Sistem yang diterapkan dalam koperasi juga memiliki pengaruh terhadap
perkembangan koperasi, sistem yang berjalan dengan baik dapat memudahkan dalam
mencapai tujuan koperasi sesuai dengan undang - undang yang berlaku. Dengan jasa koperasi, yang merupakan kegiatan simpan pinjam dimana layanan jasa dalam
peminjaman uang dan menyimpan uang sangat penting.
KOPERASI SEJAHTERA ABADI adalah lembaga keuangan swasta yang
bergerak di bidang jasa simpan pinjam, dalam kegiatannya koperasi sejahtera abadi
sehari-hari tidak terlepas dari transaksi simpan pinjam nasabah, untuk menunjang
transaksi-transaksi yang berjalan maka dibutuhkan sistem terkomputerisasi yang baik
demi kelancaran kinerja koperasi sejahtera abadi. Keberhasilan-keberhasilan itu
tentunya tidak terlepas dari sistem informasi yang bersifat relevan, akurat, lengkap dan
tepat waktu. Selain itu semua teknologi yang diterapkan juga mempengaruhi. Semua itu
menjadi faktor pendukung untuk mencapai laba, karena tujuan koperasi umumnya
adalah mencapai laba yang maksimal, mempertahankan kelangsungan hidup dan
mengejar pertumbuhan dalam usahanya. Sistem yang diterapkan dalam Koperasi
Sejahtera Abadi masih dapat dikatakan manual karena untuk pengolahan data transaksi
penggunaannya masih bersifat manual. Dengan menggunakan sistem yang bersifat
manual maka akan muncul indikasi akan terjadinya kesalahan dalam pengolahan data
atas transaksi. Mengingat pentinganya pengimplementasian sistem informasi yang baik
dalam suatu koperasi, diperlukan pengembangan yang lebih baik dengan mengubah
sistem manual tersebut menjadi sistem yang terkomputerisasi. Oleh karena itu, judul
skripsi yang kami ajukan adalah “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
INFORMASI JASA SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI SEJAHTERA ABADI“.

1.2 Ruang Lingkup
Dalam penulisan ini, fokus dalam beberapa hal yang mana dimaksudkan agar
penulisan ini dapat dikerjakan secara lebih teratur dan terarah terhadap pokok-pokok
ruang lingkup yang akan dibahas. Pokok-pokok ruang lingkup yang akan dibahas
dalam tulisan ini adalah sebagai berikut :
a. Prosedur penerimaan anggota baru
b. Prosedur penerima karyawan baru
c. Prosedur pengajuan pinjaman
d. Prosedur pengecekan jaminan
e. Prosedur penyetujuan pinjaman
f. Prosedur penyerahan uang pinjaman
g. Prosedur pengangsuran pinjaman
h. Prosedur pelunasan pinjaman
i. Prosedur pembuatan laporan :
1. Membuat laporan pendaftaran anggota
2. Membuat laporan nasabah
3. Membuat laporan jaminan
4. Membuat laporan pengeluaran kas pinjaman
5. Membuat laporan pembayaran angsuran
6. Membuat laporan pelunasan jaminan
7. Membuat laporan penagihan angsuran
8. Membuat laporan penjualan jaminan
9. Membuat jurnal umum simpan pinjam

1.3 Tujuan dan Manfaat

1.3.1 Tujuan
Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1 Menganalisa dan mempelajari sistem informasi yang berjalan pada
Koperasi Sejahtera Abadi.
2 Mengidentifikasi masalah-masalah yang terjadi pada Koperasi Sejahtera
Abadi
3 Merancang sistem informasi layanan jasa simpan pinjam pada Koperasi
Sejahtera Abadi yang terkomputerisasi.
4 Untuk menerapkan sistem informasi yang baik guna mengembangkan
Koperasi Sejahtera Abadi.

1.3.2 Manfaat
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Mengurangi resiko atau human eror dalam proses simpan pinjam.
2. Mendukung peningkatan mutu serta kualitas pelayanan dan performa
pada Koperasi Sejahtera Abadi.
3. Meningkatkan keunggulan kompetitif Koperasi Sejahtera Abadi dengan
cara menerapkan sistem informasi yang efektif untuk menghadapi
persaingan antar koperasi.
4. Menghasilkan informasi dan laporan yang akurat dan mudah dipaham

1.4 Metodologi Penelitian
Dalam penulisan sistem informasi layanan jasa pada sesuai dengan penulisan
karya ilmiah maka akan dilakukan beberapa hal untuk memastikan bahwa penulisan
ini akan memenuhi standar yang ditetapkan oleh pihak universitas.
Metode yang akan kami pakai adalah sebagai berikut :
1. Studi Kepustakaan
Studi Kepustakaan adalah penelitian yang dilakukan dengan cara membaca,
mempelajari dan mengumpulkan teori-teori umum maupun khusus yang
berkaitan dengan topik jasa koperasi yang diambil. Adapun objek penelitian
berupa buku-buku, bacaan, dan artikel baik dari media masa ataupun internet
yang berkaitan dengan topik yang akan digunakan sebagai landasan teori.
2. Studi Lapangan
Penelitian lapangan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a. Observasi
Mengumpulkan data dengan cara mengamati secara langsung keadaan
koperasi dengan segala kegiatan operasional yang berhubungan dengan
penelitian.
b. Wawancara
Mengadakan tanya jawab secara langsung pada pihak-pihak yang terkait
untuk memperoleh gambaran secara umum tentang koperasi dan masalah-masalah yang berkait sistem yang berjalan melalui sumber daya
manusia pada koperasi.

3. Metodologi Analisis
a. Survei pada sistem yang berjalan
Pada tahap ini dilakukan pengamatan secara langsung ke koperasi untuk
mengetahui proses sistem yang sedang berjalan sebagai dasar dalam
menganalisis permasalahan pada sistem tersebut.
b. Analisis terhadap temuan survei
Setelah diperoleh data dan informasi yang diperlukan maka diadakan
analisis terhadap data dan informasi tersebut.
c. Identifikasi kebutuhan informasi
Mengidentifikasikan kebutuhan informasi yang masih kurang memadai
pada sistem berjalan yang berasal dari dokumen input, proses sampai
output serta menentukan informasi yang dibutuhkan pada sistem yang
baru.

4. Metode Perancangan
Dalam skripsi ini metode perancangan yang kami gunakan adalah sebagi
berikut :
a. Pembuatan Narasi
b. Identifikasi Event Table
c. Pembuatan Overview Activity Diagram
d. Pembuatan Workflow Table
e. Pembuatan Detail Activity Diagram
f. Pembuatan UML Class Diagram
g. Pembuatan Use Case Diagram
h. Pembuatan Rancangan Database
i. Pembuatan Rancangan Laporan
j. Pembuatan Rancangan Formulir
k. Pembuatan Rancangan Layar
l. Pembuatan Rancangan Navigation Diagram
m. Pembuatan Rancangan Matriks Penerapan Sistem

1.5 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan skripsi merupakan gambaran umum mengenai isi dari
keseluruhan pembahasan, yang bertujuan memudahkan pembaca dalam mengikuti alur
pembahasan yang terdapat penulisan skripsi ini :

BAB 1 : PENDAHULUAN

Bab ini akan menjelaskan mengenai latar belakang masalah yang dibahas
dalam skripsi ini, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metode penelitian,
dan sistematika penulisan skripsi.

BAB 2 : LANDASAN TEORI

Dalam bab ini berisi teori-teori dasar yang menjadi landasan penulisan
skripsi, yaitu mengenai tahapan-tahapan dalam perancangan basis data
yang diperoleh dari buku literatur, karya ilmiah orang lain, dan data dari
internet.

BAB 3 : ANALISIS SISTEM BERJALAN

Pada bab ini berisi tentang sejarah perusahaan, struktur organisasi,
analisa sistem yang sedang berjalan, diagram aliran data dan
permasalahan yang sedang dihadapi oleh perusahaan serta solusi
rancangan sistem yang diusulkan.

BAB 4 : RANCANGAN SISTEM YANG DI USULKAN

Pada bab ini akan digambarkan rancangan sistem baru yang berisi tentang
narasi sistem yang diusulkan, event table, workflow table, overview
activity diagram, detailed activity diagram, UML class diagram, usecase
diagram, rancangan database, rancangan formulir, rancangan laporan,
rancangan layar, navigation diagram rencana penerapan sistem yang
diharapkan mampu untuk meminimalisasi semua kelemahan dan
kekurangan dalam sistem yang lama sesuai dengan hasil analisa terhadap
sistem yang berjalan sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

BAB 5 : KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini akan berisikan kesimpulan secara keseluruhan terhadap
hasil analisa sistem yang berjalan pada perusahaan dan beberapa saran perbaikan agar manajemen mampu mengatasi semua kelemahan yang ditemukan pada hasil analisa.

narasumber:
http://wisnutito1992.blogspot.com/2013/05/contoh-penulisan-ilmiah.html

1 komentar:

Unknown mengatakan...

nice inform banget :)) http://pewartawonogiri.blogspot.co.id/

Posting Komentar